Minggu, 26 Agustus 2012

Journey to the West: at The way back country

perjalanan terus berlanjut untuk sampai ke tempat nenek saya. kali ini jalan sudah membaik dan perjalanan mendekati akhir. *NENEK AKU DATANG.... dah ga sabar ngeliat wajah keriput nenek. dan selalu memberi nasihat yang itu-itu aja. udah gitu bau balsem, terus selalu protes kalo badan nya kaku dan pegel-pegel. dasar nenek-nenek....
tapi itu bukan berarti saya ga suka nenek-nenek loh... Eeehhhh !!!!! emang ga suka nenek-nenek, saya sukanya ma perawan umur belasan, *uhhmmmm YUUUUUMMMIIIIIIIEEEEEE.  apalagi yang montok n mulus....
Oookkkkeeee FOKUS... maksudnya saya suka nenek saya apa adanya, apalagi kalo ada THR nya.. hahahaha maklum nenek saya tergolong janda kece, kaya dan modis dengan warisan segudang, *emang nenek saya punya gudang hasil kebun.. hahaha

ok kembali ke topik awal, perjalanan berlanjut setelah melewati selangkangan sulawesi. ternyata kami tidak langsung ke tempat nenek, tapi mampir dulu ke tempatnya bokap lahir, tumbuh dan berkembang, hingga cukup besar untuk merantau ke tanah seberang.... nama kotanya Masamba, usut punya usut ternyata bokap sekampung dari artis terkenal yang main jadi cinta difilm AADC the series....*ga boleh sebut nama, takut salah tulis nama padahal... hahaha....

disana kami hanya tinggal sehari, soalnya klo lebih lama keburu lebaran....klo sampe lebaran, berarti THR dari nenek berkurang, klo sampe berkurang berarti kesejahteraan di kampus pun musnah, klo musnah bisa bisa perekonomian saya kedepannya juga berantakan, ini akan berimbas pada kesejahteraan anak cucu saya juga, dan itu berarti saya menyumbangkan kemunduran untuk bangsa indonesia gara-gara ga dapet sumbangan yang cukup dari nenek tersayang. *lebay abis.... tapi bener, klo sampe telat nanti jatah saya dah dibagi juga ke cucu-cucu nya yang lain.

demi menjaga kesejahteraan indonesia dimasa datang, demi menjaga kualitas masa depan penerus bangsa, dan demi kemajuan bangsa. maka dengan ini saya tetap kan kami harus sampai ke tempat nenek sebelum lebaran. (titik)... dan semua setuju, HAHAHAHA...

oh iya, sebelum berangkat kami tetap ziarah kubur ke makam nenek dari bokap. saya juga sayang ma nenek dari bokap, walaupun sudah meninggal saya tetap sayang. *terbukti saya ga matre, saya bukan orang yang pamrih. sebelum berangkat ke kuburan, bokap nanya "siapa yang ga mo ikut????"  dan beberapa menjawab "saya"....termasuk saya.. hehehe alesannya, takut sendal jadi kotor karena nginjak lumpur.... tapi bokap langsung ngasih ultimatum "SIAPA YANG GA IKUT, DIHAPUS DARI WARISAN". oke itu saya  takut....saya langsung menjawab "tadi maksudnya saya ikut, KALIAN GIMANA SIH GA BERBAKTI AMAT MA NENEK. CUCU MACEM APA KALIAN GA ADA THR GA MAU ZIARAH... MEMALUKAN". keren kan saya... hahahhaha dan kakak saya berkata " yang pertama jawab ga ikut LO NYET "..... saya membalas "salah denger kali, saya bilang, SAYA (dengan lantang) ikut (dengan nada rendah) tapi dibarengi kalian jawab jadi ga kedengeran ikutnya" dan dijawab oleh ade saya "ngeles aja lo"..... hahaha

ok pokoknya intinya kami semua berangkat ziarah kubur ke tempat nenek istirahat dengan tenang dan yang lain ga tenang lama-lama ditempat itu *saya tidak termasuk, PERCAYALAH... disana kami berdoa agar nenek kami dijauhkan dari siksa kubur, dihapuskan dosanya, dan diberi syafaat di akhirat nanti. serta dipertemukan kembali di surganya Allah SWT dan dipertemukan dengan Baginda Rassulullah Muhammad SAW. *keren kan doanya mantep bener deh kalo jadi cucu yang berbakti.
sebenarnya yang baca doa bokap, kami cuma bilang amin... hehehe

setelah ziarah kubur kami langsung ke tempat nenek, cuma mampir dirumah sodara yang dilewati pas ke tempat nenek. kami singgah cuma sebentar ga nyampe satu jam, yang penting ada THR.. hehehe.... kami takut kalo kelamaan nanti nyampe tempat neneknya lewat maghrib.

selama perjalanan kami hanya berhenti untuk hal2 yang penting, soalnya keluarga saya tergolong orang-orang yang fokus dan lurus *kecuali pas nyetir, soalnya emang harus belok cuy...
pemberhentian pertama isi bensin di Pom sekalian pipis atau pup.
pemberhentian kedua rumah sodara
pemberhentian ketiga Mesjid, mo shalat dzuhur ma ashar di jamak.
pemberhentian keempat rumah sodara lagi. (sampe sini masih bener)
pemberhentian kelima tempat jualan duren, soalnya lagi banyak duren.
pemberhentian keenam rumah sodara lagi.
pemberhentian ketujuh sentra oleh-oleh di kota yang dilewati, ini penting soalnya klo kesana cuma numpang lewat padahal banyak makanan enaknya.
pemberhentian ke delapan istirahat dulu, yang nyupir capek dan ngantuk, daripada kecelakaan. kalo buat saya foto-foto soalnya dipinggir sawah.
pemberhentian kesembilan buat foto-foto pemandangan nya bagus soalnya, tebing dipinggir laut. kata orang setempat ini area yang paling bagus buat putus bagi pasangan muda mudi. "bingung kenapa? saya juga..." dan jawabannya adalah , jadi klo ga rela ngeliat pasangan jadi milik orang lain tinggal pilih sapa yang dijorokin ke tebing, saya akan memaparkan siapa yang jatuh kejurang  dan alasannya.
  1.  mo pasangan yang dijorokin terus ikut lompat (bagi yang ga rela pasangannya diambil orang, dan ingin terus bersama sampai di akhirat. padahal mah kalo ketemu pas di akhirat pasti berantem, terus diaduin ke Allah SWT. *mang enak, resek sih pake jorokin)
  2. jorokin pasangan terus pulang dan pura-pura ga terjadi apa-apa (bagi mereka yang dikecewakan karena pacarnya pengen jujur kalo udah punya kekasih lain. karena ga terima akhirnya si pasangan dicemplungin ke laut. *kok kayak koran lampu hijau yah.)
  3. jorokin pasangan terus teriak "sayang !!!!!" (ini bagi yang ga rela tapi takut, terus akhirnya khilaf jorokin pasangan pas lagi berantem. biasanya teriak sayangnya itu ada modus, pertama biar disangka kecelakaan, kedua biar keliatan menyesal kalo masuk ke pengadilan, ketiga nunggu jawaban, klo ga jawab berarti aman *fiks mati. klo jawab "KAMPRET LO" berarti masalah besar, biasanya klo masih di jawab nanti ditimpuk lagi pake batu besar biar koit sekalian). 
  4. lompat pas lagi berantem (ini buat yang ga bisa terima diputusin, terus pengen pasangannya disalahin gara-gara dia lompat. ini tipe orang yang hidupnya selain pacarnya ga ada yang sukses. aslinya sih mang pengen bunuh diri dari lama, cuma ga ada momen yang ok ajah)
  5. terakhir lompat bersama sambil pegangan tangan ma pasangannya ( tipe ini adalah romeo dan juliet abad 21, mereka kebanyakan punya background standar kisah cinta, orang tua ga setuju karena dari dulu ada dendam pribadi dengan keluarga pasangannya. trus suatu kejadian dimana kakak si cewek ngebunuh sahabat si cowok. trus si cowok balas dendam, dan akhirnya satu kota nyari cowok tersebut untuk menuntut keadilan. si cowok ditempat persembunyiannya nulis surat buat si cewek, tapi balesan dari cewek telat nyampe. si cewek minum racun trus pingsan tapi disangka mati ma cowok. trus cwoknya juga minum racun, teus si cewk bangun dan mendapati cowoknya mati meminum racun. akhirnya si cewek bunuh diri pake pisau dari si cowok. TAMAT. ok itu cerita romeo dan juliet , bukan julio yah..... ingat bukan julio... cuma mo ngingetin aja soalnya ceritanya bagus. pokoknya intinya, mereka ingin mati bersama supaya tidak dipisahkan orang tua. ini tipe paling berbahaya, soalnya begitu masuk neraka mereka bakal berantem saling nyalahin soalnya ga terima masuk neraka. terus mereka akan ngadu ke Allah SWT siapa yang ngasih ide duluan supaya pasangannya lebih lama dinerakanya. batal deh hidup bersama hingga alam akhirat).
 balik kecerita awal. saya akui emang banyak singgahnya, tapi kami tetap tiba tepat waktu, lebih tepatnya pas banget mau adzan. pokoknya kami nyampe dengan bahagia dan akhirnya bisa ketemu nenek tercinta. saking kangennya ma nenek saya sampe meluk nenek pas ketemu, terus bisikin ke nenek, "nek, saya belum punya ongkos ke jakarta...hiks hiks..." hehehe

kisah berlanjut ke Journey to the west: the two towel




Jumat, 24 Agustus 2012

Journey to the west : INI JALAN YANG KAU PILIH

mari berkenalan, saya adalah mahasiwa yang baru mencoba blog, jadi maaf yah klo banyak salah dan ga cool... tapi disini saya mencoba menghibur anda ( kok kayak dangdut yah !!!!!! whatever). *whatever artinya terserah bagi yang ga tahu... ok untuk mempersingkat siksaan mata anda.

begini mumpung saya dalam perjalanan pulang ke depok yang rame dan disini sepi. *kata disini merujuk pada kota Makassar, mumpung lagi pulang kampung. waktunya untuk mencoba membuat satu postingan ... hahahaha (keliatan yah amatir nya, so what *artinya jadi apa prok prok prok .. hahaha)

SEKALI LAGI FOKUS....

saat ini saya lagi pulang kampung *nah ini baru pendahuluan hohoho. lebih tepatnya sedang berjalan-jalan kembali ke kota dimana saya lahir. kota  Kendari itu namanya, setelah puas jalan-jalan di kota asal saya (KENDARI), saya dan keluarga akhirnya bisa berangkat ke tempat nenek dari ibu saya soalnya dari bapak dah pada ditimbun semua alias wafat. sebagai info tambahan bagi yang paham peta sulawesi, Kendari kan adanya di kaki kiri sulawesi dan kota Makassar ada di kaki kanan. nah pilihanya mo nyebrang lewat bawah selangkangan sulawesi *kok ga enak yah nulisnya. atau pilihan kedua benar-benar menyusuri selangkangan sulawesi lewat darat *nih lebih kacau lagi hehehe... bokap memutuskan untuk melewati selangkangan dengan jalan darat ajah, berarti mobil akan penuh dengan orang dan barang selama 2 hari. kalian harus nyoba rasanya, gila abis....

selama di jalan banyak terjadi, mulai dari hal-hal manis sampai yang pahit asem pula. mulai dari makan permen ampe makan angin *pada masuk angin trus terjadi lomba kentut di dalam mobil, bayangkan siksaannya.  tapi ga papa soalnya selama perjalanan banyak obyek wisata yang keren jadi yah bisa dinikmati. masalahnya seperti jakarta yang ga bisa ngatasin banjir, kayaknya semua pemda ga bisa ngatasin masalah pembangunan jalan buat mudik. soalnya klo saya liat diberita semua tempat kayaknya lagi perbaikan jalan ajah..... nah ini lah siksaan yang amat dasyhat *lebay.... tapi serius, biar lo biasa dugem dan  joget tapi jalanan rusak tuh tetep nyiksa, gimana ga coba... mulai dari mobilnya jadi goyang-goyang ga karu-karuan, terus orang yang didalem juga pada goyang ga karu-karuan trus ngomel ga karu-karuan. terakhir puncak dari segala petaka !!!! perut ke kocok ga karu-karuan *karu-karuan toh opo meneh .....bisa muntah ga karu-karuan ( isi nya ga jelas terus nyembur kemana).. *HUEK !!!!!....

nah itu tadi pendahuluan aja.. hehehe. panjang dan ga jelas * biarin yang penting nulis (gaya iklan permen m***z ). sekarang baru mulai, dah siap digoyang???? mana suaranya??? hohoho

seperti yang saya bilang tadi perjalanan berbahaya kalo perut dah masuk angin terus dikocok -kocok kayak soda. kalo soda sih enak yang keluar cuma busa, kalo perut yang dikocok yang keluar bisa bikin orang ngomel ampe berbusa.

yang namanya perjalanan pasti ada enak dan ga enaknya, enak kalo ngantuk  ada yang disenderin, klo dingin ada yang pelukin, kalo makan ada yang bantu nyuapin, kalo pipis ada yang pegangin *loh... ini ga boleh. paling mantap pas nyampe rest area udah kelar makan ada yang bayarin. nikmat bener tuh perjalanan. 

namun semua berubah saat negara api menyerang. ga mungkin !!!!! di Indonesia ga ada negara api yang ada negara sastrosumitro bin sumirno.... tapi beneran semua berubah begitu masuk jalanan rusak, awalnya sih enak kayak tempat dugem pada joget semua, mulai pada kekiri kekanan ke atas dan segala arah yang memungkinkan selama sebelah kita ga teriak *woy awas pala gua, pala gua mana??? pala gua mana tadi masih ada, jatuh kemana pala gua. ini naik mobil ma orang apa boneka hokben.
begitu guncangan dah ga bisa dikendalikan lagi, ibarat pisau bermata dua tadi nya kita nikmatin ternyata balik nyiksa kita. siksaan pertama datang dari orang-orang yang menahan kentut, ingat kasus adu kentut diatas, tadinya udah berhenti gara-gara diultimatum ma nyokap. katanya yang kentut harus bilang biar kaca dibuka, yang ga bilang didoain pantatnya kotak kayak sponge bob. semua ingat cerita maling kundang yang akhirnya jadi batu gara-gara didoain ma ibunya. takut itu juga terjadi diantara sodara-sodara saya, semua memutuskan menahan kentut.
tapi jalanan rusak menghancurkan keteguhan kami menahan kentut. satu persatu gas terlepas, membuat suara yang merdu dalam mobil, seperti orkestra perkusi. masalahnya efek sampingnya yang berat, pas mulai terjadi adu kentut yang sengit mulai deh tuh tercium aroma yang paling ditakuti. akhirnya nyokap teriak buat buka jendela, semua nurut buka jendela. tapi gara jalan rusak banyak debu yang masuk ke mobil. gantian kakak saya yang lagi jadi supir yang teriak tutup jendela biar ga masuk debu, semua nurut. trus bokap bilang nyalain ac tapi pada tutup idung semua biar ga keracunan belerang... hehehehe
Saya ga mau kalah, *pikir...pikir...pikir, mau teriak apa yah????? biar semua pada nurut. menurut saya ini waktunya menunjukan kejantanan, menunjukan bahwa saya adalah pria dewasa yang bermartabat dan matang. akhirnya saya dapat ide, saya siap-siap mengangkat dada tanda kalau saya adalah pejantan terbaik di dalam mobil. akhirnya dengan satu tarikan nafas lewat mulut *takut nyium bau kentut. saya teriak, mengeluarkan perintah yang tak mungkin ditolak, perintah dari pemimpin sejati, ketua yang segani, pejantan penguasa. dengan lantang saya teriak * SEMUANYA !!!!!! HIRUP CEPAT-CEPAT BIAR ABIS.... semua tenaga yang saya kerahkan membuat saya lemas, tapi saya bahagia. sekarang saya akan dikenali sebagai pria dewasa yang matang, sosok pemimpin yang disegani, panutan bagi semua pejantan.

tapi semua berakhir berbeda, sambutan yang harapkan tak kunjung datang. perintah saya tidak dihirau kan, semua malah menoleh dan menatap saya dengan tatapan aneh. apa salah saya... semua tidak adil masa hanya saya yang tidak didengarkan, mana empathi mana toleransi.... gua diteriakin balik. *BEGO LO, itu dari kakak saya. *LO AJA SENDIRI itu bahkan dari ade saya. yang paling pahit nyokap bilang *KAMU INI MO JADI SULE YAH, NGELAWAK MULU. semuanya diakhiri dengan tawa dari semua orang. *HAHAHA DASAR BEGO..... hanya itu kata yang sanggup saya tulis. selebihnya terlalu sakit untuk diungkapkan. hancur sudah reputasi yang saya bangun. hancur sudah hapan akan masa jaya yang ingin saya toreh.... hancur semua impian menjadi pejantan paling disegani seantero mobil.
tapi ini belum berakhir saya akan tetap berusaha...